7 Masalah Kesehatan Anjing Tua Yang Perlu Diperhatikan

Semua hewan peliharaan dapat bertambah tua, termasuk juga anjing. Saat anjing memasuki tahun seniornya, maka Anda harus siap dengan segala perubahan fisik yang terjadi pada hewan peliharaan kesayangan Anda ini, terutama dalam hal kesehatannya. Sudah tahu apa saja masalah kesehatan atau penyakit pada anjing tua? Berikut ulasan lengkapnya.

Penyakit yang mengintai kesehatan anjing tua

Uniknya, tingkat penuaan pada setiap jenis anjing berbeda-beda, tergantung dari jenis dan ukurannya. Sebagai contoh, anjing ras besar seperti Great Danes dianggap sebagai senior pada usianya ke 5-6 tahun. Sementara untuk anjing ras yang lebih kecil seperti Chihuahua umumnya memasuki tahap senior ketika berusia 10-11 tahun.

Ketika anjing peliharaan Anda sudah memasuki tahap senior, maka Anda harus lebih rajin lagi membawa anjing kesayangan ke dokter hewan secara teratur. Biasanya, kebanyakan dokter hewan menyarankan pemeriksaan kesehatan anjing senior sebanyak 2 kali setahun.

Berikut ini beberapa masalah kesehatan atau penyakit yang rentan dialami oleh anjing tua, yaitu:

1. Gangguan penglihatan dan masalah mata lainnya

Sama seperti manusia, anjing juga dapat mengalami gangguan penglihatan seiring bertambahnya usia. Hal ini umumnya ditandai dengan saat anjing kesayangan Anda mulai sering menabrak benda-benda di sekitarnya, sering jatuh, hingga mata merah atau keruh.

Segera bawa anjing Anda ke dokter hewan untuk mengetahui penyebab gangguan penglihatan pada anjing, seperti kerusakan kornea, sindrom mata kering, atau konjungtivitis. Tanyakan pada dokter mengenai penanganan terbaik sesuai dengan masalah yang dialami hewan peliharaan Anda.

2. Frekuensi kencing meningkat

Seiring bertambahnya usia, anjing Anda biasanya akan lebih sering buang air kecil. Hal ini bisa menjadi gejala penyakit ginjal atau infeksi saluran kemih, biasanya dialami oleh anjing paruh baya atau yang usianya lebih tua. Kondisi ini umumnya dapat diatasi dengan resep obat anjing dan perubahan pola makan.

3. Sulit bernapas, gusi berdarah, dan masalah mulut lainnya

Pastikan untuk rutin menyikat gigi anjing kesayangan Anda agar terhindar dari penyakit mulut, seperti bau mulut, air liur berlebihan, radang gusi, hingga gigi copot. Jika anjing Anda mulai menunjukkan tanda-tanda penyakit mulut, segera bawa ke dokter hewan terdekat.

4. Benjolan dan masalah kulit lainnya

Masalah kulit dapat dialami oleh anjing di segala usia, tapi anjing tua biasanya lebih rentan terhadap penyakit kulit. Hal ini dapat berupa ruam, lesi, pembengkakan, benjolan, kulit kering, hingga rambut rontok pada anjing.

Waspadai ketika muncul benjolan di bawah kulit anjing. Kondisi ini bisa menjadi gejala lipoma, yaitu benjolan berlemak yang umumnya jinak dan tidak serius. Meski demikian, tetap bawa anjing Anda ke dokter hewan untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan terburuk. Terlebih jika benjolan tersebut kian terlihat dan berubah bentuk, warna, hingga ukuran.

5. Berat badan naik atau turun drastis

Beberapa anjing tua cenderung lebih sulit mempertahankan berat badannya, sehingga membutuhkan makanan anjing berkalori tinggi. Namun, ada juga anjing tua yang berat badannya justru berlebih.

Anjing tua yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas berisiko tinggi terkena diabetes, penyakit jantung, radang sendi, hingga kanker. Segera konsultasikan ke dokter hewan mengenai diet dan aktivitas yang tepat untuk anjing dewasa dan anjing senior.

6. Masalah persendian

Siapa yang tidak khawatir ketika anjing kesayangannya tiba-tiba tidak lagi ceria berlari-larian keliling rumah atau aktif bermain seperti sebelumnya. Hal ini biasanya jadi pertanda bahwa anjing tua Anda mengalami radang sendi atau masalah persendian lainnya. 

Dokter biasanya akan menganjurkan perubahan pola makan untuk anjing kesayangan Anda, khususnya dengan menambahkan asupan antioksidan dan asam lemak omega-3. Dokter juga dapat menyarankan rehabilitasi fisik untuk mengoptimalkan mobilitas anjing yang sudah mulai menua.

7. Masalah perilaku dan memori

Dog dementia atau disfungsi kognitif anjing adalah salah satu penyakit yang umum dialami anjing tua. Segera bawa anjing peliharaan Anda ke dokter hewan jika menunjukkan gejala kebingungan, hilang ingatan, gampang sensitif dan marah, disorientasi, hingga perubahan kepribadian lainnya.

Anjing tua yang mengalami disfungsi kognitif biasanya menunjukkan gelagat sering mondar-mandir di malam hari, kencing sembarangan, hingga melupakan isyarat atau instruksi yang pernah ia kuasai sebelumnya.

Sumber Artikel: Masalah Kesehatan Anjing Tua | HonestDocs