Anjing juga Berevolusi

Anjing German Shepherd 1915

Anjing dikenal sebagai sahabat manusia sejak ribuan tahun lalu. Kalau dulu anjing ikut menemani manusia berburu, anjing kini lebih banyak menemani manusia di rumah.

Seperti manusia, anjing sebenarnya juga mengalami evolusi dalam beberapa abad terakhir. Perubahan bentuk fisik itu salah satunya juga karena manusia. Lewat perkawinan, anjing memiliki karakteristik fisik dan mental yang unik.

Dilansir IFL Science, Blog Science of Dogs telah mengumpulkan foto-foto jenis anjing populer yang diterbitkan dalam buku “Dogs of All Nations” di tahun 1915 karangan Walter Esplin Mason. Kini, Science of Blog membandingkan anjing 100 tahun lalu dengan saat ini.

Berikut beberapa anjing dari daftar tersebut.

1. Anjing Bull Terrier

Anjing Bull Terrier tahun 1915

Nenek moyang anjing Bull Terrier mulai dikenal oleh American Kennel Club (AKC) sejak 1885. AKC merupakan organisasi yang meregistrasi silsilah anjing ras AS. Pada 1915 anjing pemburu ini terlihat tegap dan tampan, dengan kepala proporsional dan badan ramping. Dogs of All Nations menyebut anjing ini sebagai perlambangan kelincahan, anugerah, keanggunan, dan anjing yang memiliki tekad. Mereka juga menyebut anjing Bull Terrier sebagai gladiator ras anjing.

Anjing Bull Terrier modern

Saat ini, Bull Terrier memiliki bentuk kepala bulat dan tubuh gempal yang lebih gemuk. Sangat berbeda dari nenek moyangnya. Menurut Science of Dogs, anjing ini memiliki tambahan gigi dan punya kebiasaan mengejar ekornya.

2. Anjing English Bulldog

Anjing english Bulldog di tahun 1915

Di Inggris, anjing English Bulldog dulunya digunakan sebagai umpan untung banteng – olahraga berdarah di mana anjing digunakan untuk menyerang banteng – pada 1835 permainan ini menjadi ilegal. Foto English Bulldog pada 1915 memperlihatkan ia tetap memiliki kekhasan fisik seperti sekarang, yakni wajah berkerut dengan postur tubuh jongkok.

anjing english Bulldog modern

Anjing English Bulldog yang ada sekarang ini dibuat sedemikian rupa agar memiliki lebih banyak kerutan wajah yang menonjol dan tubuh yang lebih gemuk. AKC menggambarkan postur tubuh yang ideal untuk anjing English Bulldog adalah memiliki tubuh yang berat, gemuk, postur tubuh rendah, wajahnya pendek, bahu lebar, dan anggoto badan lain kokoh. Sayang, bulldog menderita sejumlah masalah kesehatan seperti masalah pernapasan dan mudah panas.

3. Anjing German Shepherds

Anjing German Shepherd 1915

Anjing German shepherds atau anjing penggembala Jerman adalah anjing yang melambangkan kesetiaan dan persahabatan dari kebrutalan polisi. Anjing ini pertama kali dikenal 1905. Pada 1915, anjing ini berukuran sedang yang beratnya hanya 55 pound atau hampir 25 kilogram. German shepherd memiliki dada yang menjorok ke dalam, punggung lurus, dan pinggang yang kuat.

Anjing German Shepherd modern

Kini, German shepherd dibuat memiliki tubuh yang jauh lebih besar, bisa mencapai 34 sampai 43 kilogram dan punggungnya tidak lagi terlihat lurus dan tegas. Anjing ini disebut rentan masalah kesehatan seperti displasia pinggul atau tulang kaki tidak sesuai dengan soket pinggul, dan perutnya sering kembung karena udara. Tak jarang perutnya bisa melilit yang berisiko fatal.

4. Anjing Airedale Terrier

Anjing Airedale terrier 1915

Anjing Airedale terrier pada 1915 juga memiliki banyak rambut cokelat yang memenuhi kaki, paha, dan siku. Anjing ini dulunya lebih terlihat rapi.

Anjing Airedale terrier modern

Jika sekarang, anjing ini terlihat memiliki lebih banyak rambut cokelat yang panjang.

5. Anjing Shetland Sheepdog

Anjing Shetland sheepdog 1915

Anjing Shetland sheepdog atau Sheltie tidak dikenali oleh American Kennel club sampai tahun 1911. Pada saat itu, buku ini melaporkan bahwa Sheltie sangat kecil, beratnya hanya tiga sampai 4,5 kilogram dan memiliki rambut berukuran sedang.

Anjing Shetland sheepdog modern

Kini, Sheltie jauh lebih besar. Ia dua kali lebih berat, yakni bisa mencapai 9 kilogram. AKC menggambarkannya sebagai anjing kecil yang waspada, kasar, dan berambut panjang. Ia juga termasuk anjing cerdas.

sumber