Hobi Merawat Hewan Peliharaan? Siapin Dulu Biaya yang Dibutuhkan

Ada berbagai hobi yang bisa dilakukan seseorang untuk menghabiskan waktu luang. Di antara hobi yang sering dilakoni oleh banyak orang adalah traveling, membaca, bermain games dan lain sebagainya.

Hobi yang tak kalah digemari oleh orang-orang adalah memelihara hewan.

Ya, memiliki hewan peliharaan menjadi hobi yang banyak dilakukan oleh orang untuk menghabiskan waktu luangnya.

Hewan-hewan yang dijadikan peliharaan juga beragam. Mulai dari hewan yang sudah biasa menjadi peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci dan marmut hingga hewan yang anti mainstream dijadikan hewan peliharaan, misalnya reptil.

Rincian Biaya yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Memelihara Hewan

Untuk memilih jenis hewan peliharaan, seseorang tentu mempunyai pertimbangannya masing-masing. Mulai dari hewan kesukaan, tempat, hingga biaya yang dikeluarkan untuk perawatan hewan peliharaan tersebut.

Karena sebagai hewan yang dipelihara di sekitar rumah atau tempat tinggal, hewan peliharaan tentu harus mendapatkan perawatan yang baik.

Dengan begitu, kehadiran hewan peliharaan dapat memberikan dampak positif untuk memanfaatkan waktu luang bahkan membantu memperbaiki mood seseorang.

Agar hewan peliharaan Anda selalu sehat, maka Anda perlu mengeluarkan anggaran tertentu untuk merawat hewan peliharaan Anda.

Apa saja alokasi dana yang perlu Anda siapkan? Cek daftarnya berikut ini.

Kebutuhan Dana 1: Biaya Perawatan Kesehatan

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk merawat hewan peliharaan yang pertama adalah biaya kesehatan. Hewan peliharaan yang tidak mendapat perawatan kesehatan dengan semestinya akan berisiko terserang penyakit. Tentu saja hal ini tidak Anda inginkan bukan?

Pasalnya, beberapa penyakit yang menyerang hewan dapat  menular ke manusia. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi Anda harus memperhatikan kesehatan hewan, salah satunya yaitu dengan melakukan pemberian vaksin di klinik hewan.

Kebutuhan Dana 2: Biaya Pangan

Tidak semua hewan peliharaan dapat memakan makanan yang mudah untuk didapatkan.

Selain itu, Anda tidak boleh memberi makan hewan peliharaan secara sembarangan. Karena tiap hewan peliharaan memiliki pet foods yang berbeda. Karena itu, Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli makanan hewan peliharaan ini.

Makanan atau pangan hewan ternak juga memiliki varian harga, yang disesuaikan dengan jenis makanan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan membeli makanan yang berkualitas dan bernutrisi tinggi, maka Anda tidak perlu khawatir bahwa hewan peliharaan yang Anda miliki mempunyai daya tahan tubuh yang lemah. Untuk itu jangan pelit-pelit memberi makan hewan kesayangan Anda.

Contohnya, membeli makanan peliharaan kucing dibanderol dengan harga yang beragam. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Maka dari itu, karena biaya makanan ini cukup lumayan, Anda perlu menjadikannya sebagai bahan pertimbangan saat ingin memelihara hewan.

Kebutuhan Dana 3: Biaya Perawatan

Biaya perawatan hewan peliharaan cukup banyak loh. Selain perawatan kesehatan yang telah disebutkan di atas terdapat perawatan lain yang juga perlu dilakukan agar hewan peliharaan tetap segar dan sehat.

Perawatan hewan peliharaan dengan baik dan benar dapat Anda serahkan pada klinik atau salon hewan yang dapat memberikan perawatan terbaik untuk peliharaan Anda.

Misalnya pada hewan peliharaan kucing atau anjing.

Kuku-kuku pada kucing atau anjing peliharaan Anda perlu untuk dibersihkan agar tidak memiliki ukuran yang panjang dan dapat melukai orang lain.

Selain itu, sebagaimana kuku pada manusia, kuku hewan peliharaan yang kotor dan tidak terawat juga bisa menjadi tempat bakteri berkumpul dan berkembang biak.

Kebutuhan Dana 4: Biaya Perlengkapan

Siapa bilang memiliki hewan peliharaan hanya butuh mengeluarkan biaya makanan dan perawatan? Biaya lain yang perlu Anda keluarkan untuk hewan peliharaan adalah biaya perlengkapan.

Biaya ini menyangkut perlengkapan tempat tinggal hingga mainan yang dibutuhkan oleh hewan peliharaan Anda.

Contoh perlengkapan mainan yang diperlukan adalah kinciran untuk hamster, anjing perlu tulang mainan yang terbuat dari karet dan bola untuk mainan hewan peliharaan kucing.

Selain perlengkapan mainan, hewan peliharaan juga akan semakin menggemaskan jika dipakaikan aksesoris lucu lainnya, seperti baju, pita dan sebagainya.

Dengan perlengkapan yang lengkap membuat bermain bersama peliharaan menjadi lebih menyenangkan. Hal tersebut akan berpengaruh pada kondisi mood Anda yang bisa membaik dengan bermain bersama hewan kesayangan.

Kebutuhan Dana 5: Biaya Pengobatan

Biaya pemeliharaan yang satu ini memang bukan biaya yang dikeluarkan secara rutin dalam waktu tertentu. Namun, meskipun begitu Anda perlu menambahkan biaya pengobatan menjadi daftar yang perlu Anda siapkan budget-nya dalam memelihara hewan.

Pasalnya, Anda tidak pernah tahu kapan hewan yang Anda pelihara itu mengalami kondisi yang tidak stabil atau sakit.

Jika peliharaan tersebut terserang penyakit tertentu maka Anda dapat membawanya langsung ke klinik atau dokter hewan. Biaya pengobatan ini cukup besar loh. Maka dari itu, sediakan budget khusus untuk menanggulangi hal ini terjadi ya!

Kebutuhan Dana 6: Biaya Penitipan dan Denda

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengajak hewan peliharaan ke tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi. Anda dapat menggunakan jasa tempat penitipan hewan. Selain biasanya penitipan biaya lainnya yang mungkin bisa menguras kantong Anda adalah denda.

Ya, denda ini bukan tanpa alasan ya. Seperti yang Anda ketahui, hewan peliharaan terkadang melakukan “pup” sembarangan. Jika pup terkena barang yang cukup bernilai maka Anda harus mengganti barang yang dirusakkan tersebut.

Jangan Lupa Siapkan Dana Darurat

Biaya-biaya yang telah disebutkan sebelumnya ternyata tidaklah cukup. Biaya-biaya lain yang mungkin mendesak atau dadakan untuk hewan peliharaan juga patut Anda perhatikan seperti kebersihan, tempat tinggal hingga berbagai mainan dan perlengkapan yang dimiliki.

Nah, memelihara hewan tidak hanya dijadikan sebuah hobi namun juga dapat memberikan dampak positif khususnya terhadap kondisi psikis seseorang.

Namun, memelihara hewan bukan hanya membiarkannya hidup di sekitar lingkungan saja, akan tetapi harus dirawat dengan baik dan penuh kasih sayang.

sumber