Pentingnya Vaksinasi Hewan Peliharaan

Vaksinasi

Vaksinasi merupakan hal yang perlu dilakukan jika Anda memiliki hewan peliharaan, seperti anjing. Tujuannya untuk mencegah datangnya penyakit.

Tidak hanya itu, vaksinasi rutin juga dapat melindungi kesehatan hewan peliharaan Anda. Sehingga dapat menjaga anggota keluarga terlindung dari penyakit berbahaya pada anjing yang mudah ditularkan.

Sementara vaksinasi tahunan telah menjadi aturan umum untuk beberapa waktu. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksinasi anjing mungkin efektif untuk waktu yang lebih lama dari yang diperkirakan.

Vaksinasi telah menjadi lebih aman dan lebih baik disesuaikan untuk perlindungan pada anjing. Umumnya dokter hewan akan merekomendasikan vaksinasi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik anjing Anda.

The American Animal Hospital Association (AAHA) merilis seperangkat pedoman vaksinasi pada tahun 2003 yang direvisi pada tahun 2006 untuk membantu dokter hewan menentukan seberapa sering vaksinasi harus diberikan kepada anjing.

Pedoman tersebut dikembangkan oleh banyak profesional di bidang perawatan kesehatan anjing, termasuk dokter hewan, ahli imunologi, spesialis penyakit menular dan peneliti.

Jenis penyakit yang umum pada anjing.

Berikut adalah jenis penyakit yang umum pada anjing. Kenali gejalanya, segera ke dokter hewan apabila ada tanda-tanda penyakit ini di anjingmu.

Parvovirus (Parvo)
Biasanya virus ini menyerang sistem pencernaan. Gejalanya adalah muntah, diare (terkadang disertai darah), demam tinggi dan tampak lesu. Kotoran yang dihasilkannya umumnya berbau busuk dan terkadang berwarna kekuningan.

Distemper
Penyakit ini menyerang semua jaringan di dalam tubuh anjing. Penyakit yang masuk melalui pernapasan ini mempunyai beberapa fase. Pada fase awal, gejalanya menyerupai flu berat yang disertai demam. Fase berikutnya diikuti oleh muntah-muntah, demam tinggi, diare, perilaku yang agresif, dan penebalan atau pengelupasan hidung serta telapak kaki.

Hepatitis
Disebarkan melalui kontak dengan kotoran atau urine yang terkontaminasi. Penyakit ini mempengaruhi ginjal dan hati. Gejalanya meliputi demam tinggi, tidak nafsu makan, muntah dan diare.

Leptospirosis
Penyakit yang menyerang hati dan ginjal anjing ini dapat menular pada manusia melalui kontak dengan urine anjing yang terkontaminasi. Gejala dari penyakit ini hampir sama dengan hepatitis, namun bisa disembuhkan dengan pengobatan antibiotik.

Rabies
Menular melalui air liur hewan yang terinfeksi, rabies juga termasuk penyakit yang dapat menular pada manusia. Rabies ini menyerang jaringan-jaringan saraf dan mengakibatkan kelumpuhan serta seringkali berakhir pada kematian.

Jangan lupa untuk vaksinasi rutin anjingmu. Konsultasikan dulu pada dokter hewan apakah siap untuk diberi vaksin & vaksin apa yang diperlukan.

*artikel diambil dari berbagai sumber.