Waspada Virus Parvo

Virus Parvo / Canine Parvovirus merupakan penyakit virus yang sangat menular dan dapat menghasilkan penyakit yang dapat mengancam nyawa penderitanya. Virus ini menyerang dengan cepat memisahkan sel-sel tubuh dalam tubuh anjing dan yang paling parah adalah menyerang saluran ususnya.

Parvovirus juga menyerang sel darah putih dan jika sejak muda terinfeksi virus ini, maka virus akan menghancurkan otot jantung dan bisa menyebabkan masalah jantung pada anjing seumur hidupnya.

Parvo adalah penyakit yang sangat serius dan berpotensi mematikan. Puppies yang terjangkit penyakit ini seringkali mati karena masalah penyakit yang ditimbulkan oleh virus ini. Kebanyakan anjing yang terkena penyakit ini berada di bawah umur 1 tahun.

Parvo sangat menular dan tidak memerlukan kontak langsung. Parvovirus bisa hidup di dalam tanah atau feses anjing yang sudah terinfeksi selama satu tahun, bahkan pada temperatur yang ekstrim.

Masa inkubasi parvovirus adalah antara 3 sampai 10 hari. Gejala-gejalanya dapat mulai muncul segera setelah masa inkubasi tersebut, berkembang pesat dalam waktu 12 jam atau kurang dari itu.

Meskipun anjing anda selalu berada di dalam atau halaman rumah anda, parvo bisa dengan mudah ditularkan. Penyakit ini bisa datang dari sepatu, ban atau dari apapun yang bisa kontak dengan tanah atau feses yang terinfeksi.

Gejala dan tanda-tanda anjing terkena virus Parvo

Lesu
Ketika anjing anda tampak seperti depresi dan kelelahan bahkan di saat sedang beristirahat, maka segera hubungi dokter hewan. Ini adalah tanda yang paling umum adanya masalah kesehatan pada anjing.

Muntah
Jika anjing anda muntah tanpa ada alasan yang jelas, hubungi dokter hewan.

Pup berdarah
Berak/diare berdarah adalah salah satu dari gejala parvo yang berbahaya. Jika ditambah dengan muntah, bisa membuat anjing anda dehidrasi dengan sangat cepat.

Demam tinggi
Hal ini harus dikontrol untuk menjaga agar kesehatan anjing.

Kurang nafsu makan
Jika biasa anjing sangat lahap menyantap dog foodnya, kali ini, dia akan kurang nafsu makan dan bahkan tidak mau makan, yang menyebabkan tubuhnya akan semakin lemah.

Feses / poop berbau aneh
Anjing parvo memiliki feses yang baunya sangat pekat dan aneh. Saat gejala ini terjadi, mungkin sudah terlambat untuk menyelamatkan anjing tersebut.

Jenis-Jenis Virus Parvo

Tidak semua anjing mati jika terinfeksi parvo. Ada jenis yang lebih mematikan daripada yang lain. Ada dua jenis umum dari parvovirus, yaitu Intestinal Parvovirus dan Cardiac Parvovirus.

Intestinal Parvovirus

Intestinal Parvovirus adalah jenis paling umum. Jenis ini menginfeksi aliran darah dan menyerang lapisan saluran pencernaan, sumsum tulang, dan sel. Usus rusak dan menyebabkan bakteri masuk ke dalam aliran darah, menambah komplikasinya menjadi lebih besar.

Cardiac Parvovirus

Cardiac Parvovirus adalah jenis parvo yang paling mematikan. Jenis ini menyerang jantung dan bisa membunuh dengan atau tanpa ada gejala. Jenis ini menginfeksi sebagian besar puppies yang masih sangat kecil.

Sumber http://dokterhewan.co.id/detailpost/pahami-dan-waspadai-virus-parvo-yang-dapat-menyerang-anjing-anda