5 Negara yang Paling Ramah untuk Anjing

Anjing adalah sahabat manusia. Sayangnya, tidak semua negara bersikap ramah pada anjing, termasuk di Indonesia. Sering terjadi kasus kekerasan, penganiayaan, dan pembunuhan anjing. Sedih, kan?

Namun, jangan bermuram durja. Ada banyak negara di dunia ini yang ramah pada anjing, lho. Di sini, anjing diperlakukan sangat baik. Dilansir laman Bestlife, ini dia tempat-tempatnya.

1. Swiss
Swiss adalah rumah bagi anjing ras Sennenhund atau anjing gunung Swiss. Namun, tidak mudah memelihara anjing di Swiss karena kamu harus mengikuti kursus pelatihan untuk pemilik anjing sebagai persyaratan hukum utama.

Ini bertujuan supaya kita bisa menjadi pemilik anjing yang baik dan bertanggung jawab. For your information, anjing di Swiss diperbolehkan masuk ke dalam restoran. Bahkan, anjing akan ditawari air minum oleh pihak restoran.

2. Jerman
Berbicara soal Jerman, pasti kita teringat dengan German Shepherd alias anjing gembala Jerman. Di negara ini, anjing diperlakukan dengan sangat manusiawi, bahkan diperlakukan dengan hormat layaknya anggota keluarga sendiri.

Melihat seseorang berangkat kerja sambil menuntun anjing bukan hal yang aneh di Jerman. Namun, anjing di sini harus diikutkan kelas supaya mereka bisa berperilaku baik dan ramah kepada orang asing, ujar laman Travelnuity.

3. Swedia
Anjing di Swedia diperbolehkan berjalan tanpa kalung atau tali. Mudah untuk menemukan anjing di tempat publik, seperti di taman, kebun raya, tempat kemah, bahkan restoran fancy sekalipun. Namun, Swedia mempunyai aturan untuk membatasi jumlah waktu anjing di dalam kandang.

Saat pemiliknya bekerja, anjing bisa dititipkan ke tempat penitipan atau justru menemani pemiliknya ke kantor, jelas laman Relocate to Sweden. Bahkan, harga penitipan anak anjing di Swedia lebih mahal dari penitipan anak manusia!

4. Kanada
Kanada adalah tempat yang aman untuk anjing. Di Vancouver, setidaknya ada delapan pantai dan resor ski yang ramah untuk anjing, contohnya Pantai Clarke Beach Park, Sibbald Point Provincial Park, MacKenzie Beach Resort, dan West Lake Provincial Park.

Namun, ada aturan yang harus ditaati. Pastikan bahwa anjingmu ramah pada orang asing dan tidak terganggu dengan keramaian. Jangan lupa untuk membersihkan kotorannya karena akan berbahaya untuk ikan dan biota laut lain, tutur laman Support Dog Certification.

5. Prancis
Terakhir, ada Prancis, negara yang identik dengan croissant dan Menara Eiffel. Prancis dikenal dengan kebijakan yang memihak pada anjing. Bahkan, chateaux atau rumah bangsawan mewah pun akan menerima anjing dengan senang hati.

Tak usah heran ketika kamu melihat anak anjing dengan tempat duduk khusus di restoran. Namun, anjing harus berjalan dengan kalung atau tali dan pemilik harus membersihkan kotorannya agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain, ungkap laman France Travel Blog.

 

Sumber https://www.idntimes.com/science/discovery/nena-zakiah/negara-paling-ramah-untuk-anjing-c1c2/5