Memberi Anjing Makan

Anjing seperti hal nya manusia, memiliki bawaan genetik masing-masing, ada yang mudah gemuk, ada yang makan banyak banget tapi tidak bisa gemuk, tapi ada juga yang tetap energik dan memiliki berat ideal walau sebanyak apapun makanan yang kita berikan.

Tidak ada satupun patokan yang 100% benar untuk menentukan sebanyak apa kita harus memberi makan anjing kita agar tetap sehat dan memiliki berat ideal. Seperti hal nya kita, dengan usia yang sama, mereka memiliki kebutuhan nutrisi dan kalori yang berbeda-beda. Satu-satu nya cara melihat apakah kita memberikan jumlah takaran makanan yang tepat adalah dari bentuk tubuh anjing itu sendiri.

weight_guide

Diagram diatas mengenai kondisi badan anjing mulai dari yang terlalu kurus hingga yang kegemukan, Bisa dilihat dari diagram tersebut tampak samping dan tampak atas dari anjing kita lah yang menentukan apakah kita kurang, atau terlalu banyak memberikan makanan.

Untuk pawrent yang menggunakan ready Dry Dog Food, jumlah pemberian makanan dapat dilihat di takaran di kemasan masing-masing Dry Dog Food anda, ingat, setiap Dog Food memiliki takaran yang berbeda-beda, jangan di sama rata kan ya, ada Dog food dengan takaran yang lebih sedikit dari yang lain, hal itu disebabkan karena kandungan di dalam nya sangat padat nutrisi, sehingga tidak perlu diberikan terlalu banyak, sebaliknya ada dog food yang tersedia dengan harga yang relatif murah tapi harus diberikan dalam jumlah banyak baru nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi, biasanya dog food yang seperti ini berisi banyak filler (bahan non-daging untuk menambah massa dry food) yang kurang berguna bagi anjing kita.

Pawrent bisa mencoba memberikan 75%-80% dahulu dari takaran yang di anjurkan di kemasan dry food, kalau anjing nya terlihat kurus, secara bertahap bisa ditambah, soalnya kebanyakan dry food import memberikan takaran untuk anjing yang harus menahan cuaca dingin yang kadang ekstrim di negara 4 musim, jika di Indonesia dengan iklim hangat dan tropis, kebutuhan kalori anjing kita juga biasanya berkurang.

Untuk Dry Food, biasanya satuan yang digunakan adalah cups, nah 1 cup ini artinya 1 gelas yang dapat diisi (±) 250ml air, kalau buat gampangnya pakai gelas air mineral yang umum dijual saja buat takarannya juga bisa. Biasanya takaran yang diberikan adalah untuk 1 hari (24jam).

Misalnya contoh diatas, apabila anjing anda memiliki berat 15kg, dan jarang beraktifitas, maka kurang lebih makanan yang diberikan adalah 1 cup-1.3 cup dalam sehari.

1 cup sampai 1.3 cup tersebut dapat diberikan secara sebagian-sebagian dalam 1 hari atau sekaligus, anda bisa melihat jadwal kegiatan anda dan memutuskan untuk memberi makan berapa kali dalam sehari (biasanya para Pawrent memilih untuk memberikan 1-3 kali dalam sehari) artinya 1 cup tersebut dibagi menjadi 1/3 cup untuk sekali makan, apabila dalam sehari diberi makan 3 kali. Atau diberi 1/2 cup sekali makan apabila dalam sehari diberi makan 2 kali.

Ada pula pawrent yang menggunakan system free feed, artinya memberikan jatah makan dalam 1 hari dalam mangkuk makan dan membiarkan anjingnya makan ketika dia lapar, sistem ini praktis untuk anjing yang bisa mengatur makannya, tapi kurang pas untuk anjing yang tidak suka makan, atau terlalu suka makan sehingga dihabiskan sekaligus.

Untuk anak anjing harus makan 3x sehari dari saat masih menyusu dengan induknya sampai usia 4-6 bulan, jika dimungkinkan. Setelah 6 bulan, makan 2x sehari juga tidak apa. Untuk anjing dewasa, kebanyakan pawrent lebih memilih untuk memberi makan 2x sehari, meskipun sebenarnya anjing dewasa bisa makan hanya sekali dalam sehari. Memberi makan 2x sehari memang membuat anjing lebih mudah untuk mencerna makanannya dan membantu mengontrol rasa laparnya.

Memutuskan dogfood mana yang terbaik untuk anjing Anda tergantung pada anjing Anda dan pilihan Anda. Dogfood kering menyediakan lebih banyak nutrisi dalam satu gigitan dibanding jenis dogfood lainnya karena kandungan air lebih sedikit. Itu berarti Anda tidak perlu memberi makan banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anjing Anda dan menjadi pilihan paling praktis untuk anjing besar. 

Dogfood kering juga biayanya lebih murah dan bisa dibiarkan seharian dalam mangkuk makan anjing, tidak seperti dogfood kaleng. Anjing dengan masalah gigi mungkin lebih mendapat manfaat dari dogfood kering khusus yang diformulasikan untuk kesehatan gigi, yang bisa membantu mengurangi penyakit periodontal dengan memijat gigi dan gusi.

Dogfood kaleng mengandung 68% sampai 78% air. Karena kadar air yang tinggi, dogfood ini biasanya berisi lebih banyak daging atau seafood ketimbang dogfood kering. Jenis ini juag mengandung protein bertekstur dari biji-bijan seperti gandum dan kedelai.

Anjing dengan masalah saluran kemih mungkin akan lebih baik jika diberikan dogfood kaleng karena kandungan air yang lebih tinggi. Dan jika anjing Anda suka makan banyak tetapi overweight/kelebihan berat badan, dogfood kaleng akan membantu mengisi dengan kalori yang lebih sedikit. Namun, dogfood kaleng akan menjadi cepat basi jika dibiarkan tanpa dimakan.

Dogfood semi-moist mengandung 25%-40% air. Untuk membantu makanan tetap lembut dan menjaga daya tahannya lebih lama, produsen menambahkan zat yang menjaga kelembabannya seperti gula, propylene, glycol dan garam.

Pemberian makan pada anjing juga diharapkan dengan disiplin waktu. Saat jam makan, anjing cukup diberi waktu 10 hingga 15 menit, setelah itu, makanan diangkat, jadi memberi makannya selalu yang fresh.

Sedangkan untuk minuman, sebaiknya selalu tersedia dan rajin diganti agar air yang diminum bersih.

artikel berasal dari berbagai sumber