5 Kisah Heroik Yang Dilakukan Anjing

Anjing dipercaya sebagai salah satu hewan peliharaan yang mampu dekat dengan manusia. Meski sebagian orang merasa takut dengan hewan satu ini, namun banyak orang yang menjadikan anjing sebagai peliharaan. Tidak sedikit juga orang yang menjadikan anjing sebagai penjaga rumah.

Anjing memang dikenal sebagai hewan yang cukup pintar jika dibandingkan dengan hewan lainnya. Oleh sebab itu, hewan yang dianggap selalu bermusuhan dengan kucing ini sebagai hewan peliharaan. Ia dikenal bisa menjadi sahabat dan juga peliharaan yang setia dengan pemiliknya. Bahkan dalam beberapa kasus, anjing melakukan hal-hal super heroik untuk majikannya maupun orang lain. Seperti yang dilakukan 5 anjing berikut ini, melansir dari Listverse.

1. Bamse

Bamse, anjing yang bertugas menjaga ranjau dalam Perang Dunia II di Norwegia (Foto: YouTube)

Bamse adalah anjing yang berjenis saint bernard. Ia memiliki peran yang sangat berbahaya yang ditakuti sebagian besar manusia. Bamse bertugas sebagai penjaga ranjau dalam Perang Dunia II di Norwegia.

Kemampuannya tidak diragukan saat di lapangan. Banyak kisah heroiknya diceritakan orang di Norwegia. Salah satunya adalah penyelamatkannya terhadap salah satu anggota perang dari tusukan pisau. Selain itu Bamse juga dikabarkan pernah menyelamatkan anggota lainnya yang hampir tenggelam.

2. Stubby

Stubby, anjing heroik yang banyak bantu tentara Amerika (Foto: YouTube)

Stubby atau yang dikenal Sergeant Stubby memiliki kisah heroik yaitu banyak membantu para tentara Amerika. Stubby bahkan memiliki kode khusus ketika ada penyerangan, yaitu gonggongan. Seperti yang terjadi pada perang, Stubby menggonggong ketika Jerman berusaha menyerang Amerika. Dalam perjalanan hidupnya Stubby diikutsertakan dalam 7 pertempuran penting.

3. Balto

Patung anjing untuk mengenang Balto (Foto: YouTube)

Anjing yang bertugas untuk menarik kereta luncur di Alaska ini menunjukan aksi heroiknya dengan menjadi pemimpin kereta luncur distirbusi obat serum penyakit diphteria yang berjarak 1000 mil. Atas aksi heroiknya itu, Balto menjadi cerita tersendiri yang tidak mudah dilupakan begitu saja. Demi mengenang jasanya bahkan dibuatlah patung anjing yang berada di Central Park New York.

4. Barry

Barry dengan pemiliknya (Foto: YouTube)

Pada saat itu terjadi hujan salju yang mengakibatkan seorang pejalan kaki terjebak salju di Saint Bernard Pass, sebuah jalan antara Swiss dan Italia. Barry datang dan berusaha menyelamatkan seorang anak kecil yang terjebak salju tersebut. Kemudian membiarkan anak kecil tersebut naik ke punggungnya agar bisa mencapai kuil itu.

Atas aksinya itu, Barry kemudian dikenal sebagai anjing penolong di kuil tersebut. Dalam sejarah hidupnya, Barry bahkan tidak hanya menyelamatkan satu orag. Setidaknya sebanyak 40 orang telah diselamatkannya dari berbagai bahaya.

5. Judy

Judy, anjing yang tergabung dalam Angkatan Laut (AL) Inggris (Foto: YouTube)

Judy merupakan anjing yang tergabung dalam Angkatan Laut (AL) Inggris. Meski seekor anjing, ia memiliki peran membantu tentara yang tidak bisa berenang. Selain itu, ia juga bertugas membawan pasukan Angkatan Laut Inggris tersebut ke bibir pantai di sebuah pulau yang berada di sekitar Laut Cina Selatan.

Aksi heroiknya itu dilakukan saat peristiwa pengeboman di Inggris oleh Jepang pada tahun 1942. Atas aksinya yang luar biasa itu bahkan ia mendapat penghargaan khusus. Judy mendapatkan medali Dickin dari pemerintah Inggris.

sumber