Anjing Bisa Mengenali Orang Jahat dan Baik

Anjing dianggap sebagai hewan peliharaan paling setia. Ya, seekor anjing memang sangat akrab dengan manusia karena mereka memiliki naluri yang sangat tajam.

Saking tajamnya insting mereka, katanya anjing bisa mengenali mana orang jahat dan mana orang baik. Itu bukan sekedar mitos belaka lho, tapi sudah dibuktikan oleh ilmuwan dari Jepang.

Seorang peneliti bernama Akiko Takaoka dari Universitas Kyoto dan rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap anjing untuk mengetahui apakah anjing mampu mendeteksi orang yang jahat atau tidak.

Para peneliti membagi eksperimen ini menjadi tiga bagian untuk mengetahui hasilnya.

Dalam sebuah percobaan, pemilik anjing akan menunjuk ke sebuah wadah berisi makanan. Nanti anjingnya akan langsung berlari menuju wadah yang ditunjuk oleh majikannya.

Kemudian majikannya menunjuk ke sebuah wadah yang kosong tanpa makanan. Anjing itu pun akan merasa tertipu oleh majikannya.

Seperti yang kita ketahui, anjing akan berlari ke suatu objek yang ditunjuk oleh majikannya. Dengan demikian, anjing diyakini mampu memahami gerak gerik tubuh manusia. Dan jika gerakan tubuh manusia tidak konsisten, anjing bisa menjadi gugup dan kebingungan.

Anjing bisa memahami ekspresi manusia.

Untuk ketiga kalinya, anjing-anjing itu tidak mengikuti petunjuk tangan dari orang yang pernah berbohong. Bahkan 34 ekor anjing yang ikut serta dalam penelitian ini juga menunjukkan hasil yang sama. Anjing akan menggunakan pengalaman sebelumnya untuk mendeteksi mana orang yang berbohong dan yang jujur.

Dalam uji coba lainnya menunjukkan bahwa anjing mampu memahami interaksi orang lain dengan majikannya. Maksudnya, anjing tahu mana orang yang berbuat baik atau buruk terhadap majikannya.

Seekor anjing tidak akan mau menerima pemberian dari orang-orang yang berprilaku buruk terhadap majikannya. Mereka lebih suka diberi makan oleh orang yang berbuat baik pada majikannya.

Dalam studi lain yang dipublikasikan oleh Neuroscience and Biobehavioural Reviews, menjelaskan bahwa anjing mampu membaca komunikasi antara majikannya dengan orang asing. Anjing bisa memahami dengan baik tentang komunikasi. Anjing cenderung menghindari orang yang berprilaku buruk terhadap pemiliknya.

Kesimpulannya, anjing dapat membaca gerak tubuh dan ekspresi wajah manusia. Dengan instingnya itu, mereka mampu mengenali mana orang yang punya sifat buruk dan mana yang baik. Maka tak heran jika anjing kadang bisa mencium tanda-tanda bahaya yang akan segera datang.

sumber