Anjing Makan Rumput

 

Anjing kesayangan anda jelas bukan seekor sapi, sehingga anda mungkin bingung ketika anda melihat dia makan rumput. Anda bahkan mungkin akan khawatir. Apakah dia lapar? bosan? sakit? apakah makan rumput bisa menyakitinya?

Pertama, yakinlah bahwa anda tidak sendirian dalam kekhawatiran anda terutama jika anjing anda makan rumput dan muntah.

Pica adalah istilah teknis untuk kelainan yang ditandai dengan memakan sesuatu yang bukan makanan. Kadang Pica menunjukkan bahwa anjing anda mengalami beberapa jenis kekurangan nutrisi, meskipun perilaku ini sering kali hanya tanda dari kebosanan, terutama bila dilakukan oleh anak anjing dan anjing muda.

Anjing makan rumput sebenarnya cukup umum (telah diamati pada anjing liar, mereka juga melakukannya dan mungkin benar-benar hal yang alami) dan perilaku Pica tidak selalu menyebabkan terlalu banyak masalah. Pada kenyataannya, sebagian besar dokter hewan menganggapnya hal ini sebagai perilaku normal anjing. Ada sebuah studi kecil yang meneliti 49 orang pemilik anjing yang anjingnya memiliki akses dengan rumput dan tanaman lainnya, ditemukan bahwa 79% anjing-anjing tersebut kadang-kadang memakan tanaman. Survei lainnya menunjukkan bahwa rumput adalah tanaman yang paling umum dimakan anjing.

Mengapa anjing saya memakan rumput?
Ada berbagai alasan mengapa anjing anda memakan rumput di halaman anda.

Beberapa orang menyimpulkan bahwa anjing beralih ke makan rumput saat mereka merasa tidak enak badan sebagai cara untuk membuat diri mereka muntah dan kemudian merasa lebih baik. Sementara yang lainnya membantah kesimpulan ini karena menurut mereka anjing tidak terbukti cukup pintar untuk memutuskan mengobati perut mereka dengan memakan rumput.

Bukti menunjukkan bahwa sebagian besar anjing yang memakan rumput, sebelumnya sehat atau setidaknya mereka tidak tampak sedang tidak enak badan. Pada kenyataannya, hanya sedikit dari 10% anjing yang tampak sakit sebelum memakan rumput, berdasarkan informasi dari pemiliknya. Dan memakan rumput tidak selalu mengarah ke muntah, kurang dari 25% anjing yang memakan rumput muntah setelah memakan rumput.

Alasan lain yang mungkin menunjukkan mengapa anjing anda memakan rumput adalah memperbaiki pencernaan, mengobati cacingan, atau memenuhi beberapa kebutuhan nutrisi, termasuk kebutuhan serat. Ada sebuah laporan penelitian yang dipublikasikan mengenai seekor anjing miniature poodle yang memakan rumput dan kemudian muntah setiap hari selama 7 tahun. 3 hari setelah diberikan makanan berserat tinggi, pemiliknya melaporkan bahwa anjingnya benar-benar berhenti memakan rumput. Dan, ada kemungkinan lain bahwa anjing anda memakan rumput hanya karena menyukai bagaimana rasa dari rumput itu.

Haruskah saya menghentikan anjing saya dari makan rumput? Jika ya, bagaimana caranya?

Jika anda menduga anjing anda makan rumput karena dia bosan, mungkin akan bermanfaat untuk memastikan dia mendapatkan latihan yang cukup. Libatkan dia dalam kegiatan yang menyenangkan. Cobalah permainan melempar frisbee atau memainkan permainan interaktif lain bersamanya, atau membelikannya mainan kunyah / chew toy untuk menjaganya tetap sibuk.

Jika ada kemungkinan anjing anda makan rumput disebabkan karena kekurangan nutrisi, maka ganti dengan dog food yang lebih bagus, terutama yang mengandung berbagai macam serat, dapat membantu mengatasi masalah ini.

Meskipun kebanyakan para ahli setuju bahwa memakan rumput itu sendiri tidak bahaya, tetapi satu hal yang harus diingat adalah bahwa ada herbisida dan pestisida tertentu yang digunakan pada rumput bisa sangat beracun, terutama jika tertelan. Bahkan, pupuk adalah satu dari 10 penyebab utama keracunan pada hewan peliharaan tahun 2008.

Selain itu, sejumlah tanaman rumah dan taman beracun, yang dapat menyebabkan masalah jika anjing anda ikut memakannya saat makan rumput. Untuk memastikan tanaman yang ada di dalam dan area sekitar dimana anjing anda memakan rumput tidak berbahaya, anda bisa melihat daftar tanaman beracun dan tidak beracun yang dibuat oleh ASPCA disini: http://www.aspca.org/pet-care/poison-control/plants/

sumber