Zsa Zsa, World’s Ugliest Dog 2018

Seekor anjing english bulldog berusia sembilan tahun menjadi pemenang kontes World’s Ugliest Dog 2018 atau Anjing Terjelek di Dunia.

Zsa Zsa, nama anjing yang berjenis english bulldog tersebut, memperoleh gelarnya pada Sabtu malam (23/6), di Sonoma-Marin Farirgrouds, Petaluma, California.

Pemilik Zsa Zsa, Megan Brainard, akan mendapatkan hadiah sebesar 1500 dollar AS atas kemenangan anjingnya. Brainard mengadopsi Zsa Zsa setelah menemukannya dalam sebuah situs pencarian binatang peliharaan.

Dengan mengadopsi anjing sebagai hewan peliharaan, menurut Jubir Panitia Christy Gentry, si pemilik akan punya keterikatan emosi dengan binatang tersebut. Dengan demikian, kecenderungan untuk menganiaya atau menelantarkannya akan lebih minim.

World’s Ugliest Dog merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan untuk mencari anjing-anjing dengan ketidaksempurnaan mereka. Christy Gentry mengatakan, kompetisi tahunan itu biasanya dihelat pada Jumat malam. Tapi, khusus tahun ini, panitia menyelenggarakannya pada Sabtu malam.

Beberapa anjing yang didaftarkan dalam kompetisi tersebut, tidak memiliki bulu. Sementara yang lainnya lahir dengan lidah terjulur.

Selain Zsa Zsa, kontestan ‘terjelek’ meliputi anjing Chinese Crested yang bermuka hitam, serta bulldog dengan kulit keriput bernama Wild Thang.

Untuk mengikuti World’s Ugliest Dog, anjing-anjing ini harus memamerkan fisiknya dan berjalan di karpet merah dengan pemiliknya. Kemudian, para juri akan menilainya. ”Melalui kompetisi ini, panitia ingin membangkitkan kesadaran masyarakat untuk memelihara segala jenis anjing. Bahkan, anjing yang paling jelek sekalipun berhak mendapatkan rumah yang layak dan kasih sayang yang penuh,” papar Gentry.

Dalam kompetisi tersebut, panitia juga mengampanyekan program adopsi anjing untuk dijadikan binatang peliharaan. Bukan membelinya dari pet shop.

Tahun lalu pemenang kontes anjing buruk rupa adalah Martha. Anjing berjenis neapolitan mastiff itu berbobot 57 kilogram dan memiliki pipi yang menggelambir.

*artikel diambil dari berbagai sumber